Laman

Event & News Updates

Jumat, 04 Juni 2010

FUN DAY KOMISI ANAK 2008 GKJ Yeremia

Posted on 6/04/2010 by GKJ Yeremia depok dot com

FUN DAY KOMISI ANAK 2008: "

Anak-anak belajar dalam kerjasama tim

Betapa senangnya anak-anak mengikuti acara yang diadakan Komisi Anak. Ini tergambar dari raut muka dan tingkah lakunya. Mereka berlarian, berteriak, bercanda, menyanyi, menari, bersapa dengan temannya. Itulah yang dirasakan oleh anak-anak GKJ Yeremia tanggal 30 Juli 2008. Pas hari libur nasional, Komisi Anak mengadakan Fun Day, untuk memberikan suasana kegiatan yang lain dari biasanya. Tujuan kegiatan ini adalah mengajarkan anak untuk mandiri dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan lingkungannya.

Sejak pagi anak-anak yang berjumlah lebih dari 50 orang ini telah berada di gereja. Acara dimulai dengan renungan pagi yang dipandu oleh mbak Endah. Selanjutnya mereka menikmati sarapan pagi, kemudian dilanjutkan pujian pagi. Permainan kebersamaan adalah acara yang disenangi dan dinantikan anak-anak. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok diberi nama sesuai dengan warna kelompok, ditangannya diberikan pita warna sesuai kelompoknya. Ada permainan membuat bangunan dari sedotan, Estafet tiup corong dan estafe menggulirkan kelereng. Permainan ini membutuhkan konsentrasi dan kebersamaan. Di acara ini tampak anak-anak menikmati permainan ini. Walaupun kelompoknya kalah tetapi mereka semangat mengumpulkan nilai dari permainan itu.

Menjelang siang, anak-anakpun tidak merasa lelah. Per kelompok mereka asyik menyiapkan yel-yel yang akan ditampilkan sore harinya. Menggambar kaos adalah acara siang menjelang makan siang. Menggambar kaos ini mungkin merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak. Selama ini kaos yang ia kenakan pasti kaos jadi. Tetapi pada acara ini anak-anak diberi kesempatan untuk berimaginasi menggambar sesuai kesukaannya sendiri. Ada yang menggambar Naruto, Liga Inggris, tentang dirinya sendiri dan sebagainya. Setelah jadi gambarnya kemudian disetrika dan dikenakan untuk foto bersama kelompoknya. Acara setelah makan siang adalah permainan loncat karet. Setiap anak harus melewati karet yang dibentangkan dan bertambah tingginya. Ini untuk melatih kemampuan mengatasi rintangan tanpa air di tangan tumpah. Acara berikutnya diadakan permainan jalan si buta. Kemudian sore harinya diakhiri dengan permainan outbound di sekitar lingkungan gereja. Itulah sekelumit liputan acara khusus anak-anak yang digelar Komisi Anak GKJ Yeremia.

(Sedikit masukan untuk dipikirkan dimasa mendatang. Anak-anak telah diajar berbagai hal tentang permainan, bagaimana mengatasi rintangan, telah dikenalkan pada alam. Namun, ada sedikit yang terlewatkan..mungkin!? Misalnya anak-anak yang tergabung dalam kelompok diminta menanam tanaman hias di halaman gereja. Kegiatan ini dapat berlanjut, karena kelompok anak tersebut masih diberi tanggung jawab untuk memeliharanya. Hasilnya mungkin dapat dinikmati sebulan mendatang. Mana diantara mereka yang mempunyai tanaman paling indah, diberi hadiah secukupnya. Cara ini diyakini dapat merangsang keindahan lingkungan gereja dan menumbuhkan rasa saying dan keindahan akan tanaman serta diajak melestarikan lingkungan hijau).

(prj)
"

No Response to "FUN DAY KOMISI ANAK 2008 GKJ Yeremia"

Leave A Reply