Laman

Event & News Updates

Jumat, 04 Juni 2010

PELATIHAN PEMAHAMAN ALKITAB (PA) PRIBADI | GKJ Yeremia

Posted on 6/04/2010 by GKJ Yeremia depok dot com

PELATIHAN PEMAHAMAN ALKITAB (PA) PRIBADI: "

Peserta Pelatihan PA Pribadi Wil. Depok Utara



Salah satu berkat terbesar yang dianugerahkan Allah kepada anak-anakNya adalah FirmanNya dan kesempatan untuk mempelajarinya secara pribadi. Namun terlalu banyak orang Kristen yang tidak melakukannya. Kebanyakan sudah puas dengan mendengar dari orang kedua yaitu pendeta, penginjil, ketua kelompok PA. Demikian disampaikan oleh Pendeta Jerry B Kana MDiv. dalam Pelatihan PA Pribadi yang diselenggarakan oleh Wilayah Depok Utara, GKJ Yeremia Depok hari Sabtu, 9 Mei 2009 di Shekinah Village, Sawangan. Pelatihan PA Pribadi dihadiri oleh 46 orang dari remaja sampai adiyuswa.

Lebih lanjut Pendeta Jerry Kana menambahkan semestinya PA Pribadi harus menjadi kesukaan dan harus dinikmati. Oleh karena itu dalam Pelatihan PA Pribadi ini ada langkah-langkah yang harus diikuti supaya tidak salah dalam menginterpretasikan firman Allah dan mengaplikasikan secara benar. Bimbingan Roh Kudus merupakan keharusan, karena tanpa peranan Roh Kudus maka semuanya sia-sia dan hanya pengetahuan belaka. Firman Tuhan tidak dapat dipahami hanya dengan pengetahuan melainkan oleh Roh Kudus. Demikian pengantar mengenai pentingnya PA Pribadi.

Setelah menjelaskan cara PA Pribadi, peserta pelatihan dibagi menjadi 9 kelompok. Tiap kelompok terdiri lima orang, yang mendiskusikan dan memahami ayat dalam Alkitab. Diskusi berlangsung hangat, karena tiap kelompok dapat memahami firman Tuhan per pasal atau hanya satu ayat atau bahkan satu perikop yang dapat dipilih sendiri. Selanjutnya tiap kelompok diberi kesempatan untuk presentasi. Pdt. Jerry Kana kemudian memberikan komentar dan melengkapi apa yang menjadi hasil diskusi tiap kelompok.

Untuk melengkapi pengetahuan peserta dalam memahami firman Tuhan, dalam sesi siangnya Pendeta menjelaskan bagaimana cara berkotbah. Sesi ini menarik dan tepat karena membekali warga bagaimana memahami sebuah kotbah itu. Pengetahuan ini membekali warga khususnya yang akan menjadi anggota majelis dan warga awampun harus dapat menyampaikan kotbah sederhana dengan urutan dan isi yang benar. Umumnya peserta pelatihan puas dengan penyelenggaraan pelatihan PA Pribadi dan pengetahuan kotbah ini, karena mereka seharian mengikuti pelatihan, pulang tidak dengan tangan hampa.

(prj)

"

No Response to "PELATIHAN PEMAHAMAN ALKITAB (PA) PRIBADI | GKJ Yeremia"

Leave A Reply