Laman

Event & News Updates

Jumat, 04 Juni 2010

MEMAKNAI MPDK I DENGAN MENATA TAMAN GEREJA | GKJ Yeremia

Posted on 6/04/2010 by GKJ Yeremia depok dot com

MEMAKNAI MPDK I DENGAN MENATA TAMAN GEREJA: "

Kerja Bakti menata Taman Gereja



MPDK I tahun 2009 ini bertema besar Pemulihan Lingkungan Hidup. Jemaat GKJ Yeremia diajak memahami bagaimana menjaga tata kehidupan seluruh ciptaan. Secara marathon GKJ Yeremia khususnya Wilayah Depok Utara mengadakan MPDK (Masa Penghayatan Dasar Kekristenan) seri I tahun 2009. Dimulai dari Persekutuan Doa (PD) hari I sampai ke-6 yang terbagi menjadi tiga kelompok kecil yang selalu mengingatkan betapa kita harus ikut memelihara lingkungan alam ini. Sebagai ciptaan Tuhan kita harus berperan menjaga lingkungan di mana kita berada. Bahan Pemahaman Alkitabpun demikian, berdasar Roma 8:17-25 Jemaat diajak menghayati penderitaan Kristus, Gereja berperan bagi pemulihan lingkungan hidup. Dalam setiap diskusi jemaat diperhadapkan pada usaha melestarikan lingkungan.

Untuk merespon agar melestarikan lingkungan secara nyata, maka pada hari Sabtu, 2 Mei 2009 sore warga Depok Utara berinisiatif menata taman gereja. Warga bekerja bakti membawa peralatan dan tanaman masing-masing. Ternyata banyak juga jenis tanaman yang dibawa. Sansievera adalah tanaman yang paling dibutuhkan, karena tanaman ini dapat mengurangi polusi. Untuk itulah tanaman ini ditanam dipinggir pagar depan gereja. Ada empat lokasi taman yang dijadikan target kerja bakti. Taman depan dikeroyok oleh ibu-ibu merapikan taman yang sudah ada, menambah tanaman. Di taman belakang gereja dikerjakan bapak-bapak, merapikan dan menambah tanaman yang ada. Di depan Ruang Komisi Anak ditanam pohon yang disebut : Wali Songo. Tanaman ini punya keistimewaan. Cepat tumbuhnya, namun daunnya tidak banyak yang jatuh, sehingga tidak merepotkan atau menimbulkan sampah daun, demikian diutarakan Bapak Sony Pakan, yang juga menanam tanaman ini di rumahnya.

Warga yang hadir dalam kerja bakti menata taman memaknai MPDK I tahun inipun cukup banyak. Tidak kurang 25 orang hadir. Merekapun sepakat bahwa tanaman yang ditata dalam taman gereja tidak perlu yang mahal-mahal, tanaman sederhanapun bisa terlihat asri dan cantik jika ada perawatan yang rutin. Adakah komitmen warga untuk menindaklanjuti perawatan taman gereja? Perlu pembuktian, karena tema tentang memelihara lingkungan ini masih berlanjut pada MPDK Seri 2 yang dibuka resmi oleh Pendeta Eddyson dalam Kebaktian Minggu, 3 Mei 2009. Mudah-mudahan aksi tindakan nyata sebagai aplikasi pemahaman MPDK tahun ini, yang ditunjukkan oleh warga Depok Utara ini akan berkelanjutan dan menjadi budaya dalam melestarikan ciptaanNya.

(prj)
"

No Response to "MEMAKNAI MPDK I DENGAN MENATA TAMAN GEREJA | GKJ Yeremia"

Leave A Reply