Laman

Event & News Updates

Jumat, 04 Juni 2010

SERU, PEMAHAMAN ALKITAB (PA) WIL. DEPOK UTARA

Posted on 6/04/2010 by GKJ Yeremia depok dot com

SERU, PEMAHAMAN ALKITAB (PA) WIL. DEPOK UTARA: "

Suasana PA Wil. Depok Utara (14/6)

Setelah kegiatan MPDK Seri II usai, Kegiatan Pemahaman Alkitab (PA) tiap wilayah disiapkan oleh Majelis. Persiapan pemimpin PA dilakukan bulan Mei 2008, sedangkan pelaksanaan PA diserahkan kepada masing-masing wilayah pada bulan Juni 2008. Judul PA kali ini adalah ROH KUDUS MEMPERBARUHI UNTUK MELAKUKAN PEKERJAAN YANG BAIK. Bacaan dari Titus 3:1-14.

Wilayah Depok Utara melaksanakan PA ini tanggal 14 Juni 2008 yang lalu bertempat di rumah Kel. Mardiyatono, Depok Utara. PA dipimpin oleh Bp. I. Pratomojati dengan pembawa acara Ibu Sri Lestari LA. Dihadiri oleh 18 orang, PA berlangsung lancar penuh dinamika. Melengkapi materi yang dibagikan, Bp. Puji Harsono membagikan lembaran “Timeline of Paul’s Life” untuk memperkaya pemahaman tentang kehidupan Rasul Paulus dan Titus.

Belum sampai menjawab pertanyaan untuk diskusi, salah seorang peserta PA menanyakan tentang hubungan judul yaitu Pekerjaan yang baik dengan pelayanan, utamanya pertanyaan seolah menghakimi warga gereja enggan terlibat dalam pelayanan?! Oleh pemimpin dijawab dengan memberikan contoh/ ilustrasi betapa susahnya mencari calon anggota majelis setiap aka nada pergantian majelis, juga ketika susah sekali mencari panitia hari besar gerejawi tahun ini, sehingga MPDK I sempat tanpa panitia. Untuk wilayah Depok Utara, demikian menurut salah satu peserta PA, tidak ada keengganan warga terlibat dalam pelayanan. Banyak pelayanan kepada sesama telah dilakukan oleh warga walaupun tidak selalu pelayanan gerejawi.

Untuk menjadi pelayan yang baik: Tidak mengandalkan kemampuan sendiri, mohon penyertaan Roh Kudus. Perlu perencanaan yang baik. Sesuai dengan kemampuan dan potensi diri. Dalam menunjuk orang selalu harus dipertimbangkan kemampuan/ kompetensinya.

Pelayanan gerejawi dan pelayanan non gerejawi (kantor, masyarakat) harus seimbang. Ada juga yang menjawab berdasarkan prioritas masing-masing orang. Ada yang memilih prioritas pelayanan non gerejawi, karena memang pekerjaan sangat membutuhkannya. Jika dia sukses melaksanakan tugasnya dan memberi kesejahteraan dan kemakmuran dan kesejahteraan bagi keluarganya dan masyarakat, juga akan sangat membantu. Sebaliknya pelayanan gerejawi juga harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Peran Roh Kudus dalam pelayanan gereja adalah Roh Kudus membagikan karunia-karunia Roh kepada kita untuk membangun gerejaNya. Tiap orang dikaruniakan pernyataan roh Kudus untuk kepentingan bersama. Yang penting dalam memaknai peran Roh Kudus adalah bahwa kita perlu membuka diri agar selalu dipimpin oleh Roh Kudus.

Secara keseluruhan PA kali ini berjalan lancar penuh dinamika. Seru, karena banyak peserta yang berpendapat, diselingi dengan candaan yang terarah sehingga diskusi berlangsung dengan baik.

(prj)

"

No Response to "SERU, PEMAHAMAN ALKITAB (PA) WIL. DEPOK UTARA"

Leave A Reply